NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Pengertian VPN

Pengertian VPN - VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, maksudnya adalah suatu koneksi private melalui jaringan public (internet).Lebih jelasnya begini:
  • Virtual Network, maksudnya jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual, tidak ada koneksi jaringan secara riil antara 2 titik yang terhubung.
  • Private berarti pribadi, maksudnya jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Data yang dikirim tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan public karena terenkripsi.

Dengan VPN kita seolah-olah membuat jaringan didalam sebuah jaringan atau biasa disebut dengan tunnel (terowongan). Tunneling merupakan suatu metode membuat jalur private dengan menggunakan jasa pihak ketiga penyedia VPN. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yakni, PPTP, L2TP, dan IpSec (Internet Protocol Security) yang merupakan standard terbaru. VPN merupakan perpaduan antara teknologi keamanan dan ekripsi.

Secara sederhana cara kerja VPN menggunakan protokol PPTP adalah VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa Router atau komputer dengan aplikasi VPN server. Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan VPN Client mengontak server VPN, lalu VPN server akan melakukan verifikasi username dan password komputer VPN Client, apabila berhasil, VPN server akan memberikan IP Address baru untuk komputer VPN Client dan sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk. Selanjutnya komputer Client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atau LAN) yang ada dibelakang VPN server. Seperti melakukan transfer data, print dokumen, melakukan remote desktop, browsing dengan gateway yang diberikan VPN Server dan lain sebagainya.

Keuntungan atau Manfaat VPN
  • Remote Access, dengan menggunakan VPN, kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja, selama terhubung ke Internet.
  • Keamanan, dengan menggunakan VPN kita bisa browsing dengan aman ketika kita menggunakan akses internet public seperti hotspot cafe dan lain sebagainya.
  • Murah, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif murah, karena koneksi ke server VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.

Dan masih banyak lagi dari keuntungan menggunakan VPN.

kekurangan atau kelemahan VPN

Koneksi internet (jaringan public) yang tidak bisa diprediksi. Karena pada dasarnya kita hanya meminjam koneksi pada jaringan pihak lain (public) sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.

Demikian artikel tentang pengertian VPN, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca blog ini. Terima kasih,

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi