NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Mono, Stereo dan Surround pada Headset

Headset merupakan gabungan antara headphone dan mikrophone. Headset sekarang ini juga merupakan aksesoris untuk HP maupun komputer/Laptop.

Headset tersedia dalam 2 macam, yaitu single-earpice dan double-earpiece. Single-earpiece headset atau disebut juga sebagai monaural headset (Mono headset). Sedangkan Double-earpiece mendukung suara stereo atau dapat dikatakan menggunakan channel audio yang sama untuk tiap ear-piece.

Monaural headset hanya menggunakan 1 telinga, sehingga telinga yang bebas (yang tidak terpasang headset) dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitar.

Headset yang biasanya digunakan untuk telephone adalah monaural headset, meskipun menggunakan bentuk (design) double-earpiece, dikarenakan telephone hanya menyediakan single-channel untuk input dan output.

Virtual surround headset meiliki bentuk yang menutupi semua telinga. Headset jenis ini menggunakan 2 speaker yang berlainan, 1 speaker pada tiap penutup telinga, untuk menciptakan efek surround sound. Virtual surround headset cenderung dipasangi komponen tingkat tinggi yang lebih mumpuni dan membuatnya lebih awet, dikarenakan mempunyai speaker yang besar yang mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus dan dinamis. Virtual surround headset memperoleh surround sound dari menggunakan internal maupun eksternal pre-amplifier atau mix-amplifier module, untuk merubah stereo atau sinyal suara surround ke suara surround. Surround sound ini merupakan efek suara yang bolak balik dari telinga kanan ke telinga kiri ataupun sebaliknya, jadi membuat efek suara yang 3D atau terdengar nyata.

Pada umumnya headset yang ada saat ini yang digunakan untuk aksesoris HP ataupun Laptop/PC menggunakan Jack audio 3.5mm sebagai konektornya. Konektor 3.5mm ini dijadikan standard internasional dikarenakan fitur dan kemampuannya lebih memadai daripada konektor audio 2.5mm. Nama jack 3.5mm sendiri diambil dari diameter kenektor.

Namun konektor jack 3.5mm ini sendiri umumnya ada 2 macam, yaitu konektor jack 3.5mm dengan 2 rings dan konektor jack 3.5mm dengan 3 rings. Sama-sama memiliki fitur stereo, bedanya adalah yang 3 rings memiliki fitur tambahan microphone sedangkan yang 2 rings tidak.

Mono, Stereo dan Surround pada Headset

Selain headset yang berkabel, sekarang juga sudah mulai banyak headset wireless (tanpa kabel), biasanya menggunakan fitur bluetooth sebagai media penyambungnya. Headset ini lebih praktis dikarenakan tidak menggunakan kabel, tetapi headset jenis ini biasanya lumayan mahal harganya.

Selain untuk mendengarkan music. Headset juga biasanya dipakai saat bermain game, disebut juga atau dikategorikan sebagai gaming headset, dikarenakan efek-efek suara didalam game yang luar biasa saat di dengar telinga sehingga lebih enak menggunakan headset saat bermain game. Selain itu, headset juga biasanya di pakai untuk berolahraga, lari misalnya, sehingga membuat efek kelelahan saat lari tidak terasa dengan mendengarkan musik lewat headset.

Demikian artikel kali ini, sehingga kita mengetaui apa itu headset, efek-efek suara yang dihasilkan oleh headset, konektor yang di pakai headset saat ini, headset bluetooth, serta kegunaan headset dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanffat bagi kita semua. Terima kasih.

1 comments:

Add New Comments

Mohon pencerahan min kenapa erpohon bloototh saya menyatu suaranya saat main game jadi susah denger step kanan kiri padahal audio mono saya sudah off

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Delete Reply
avatar
Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi