NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Cara Install Ulang atau Flashing Lenovo A526 Menggunakan SP Flash Tool

Ini terjadi beberapa hari kemarin, ada salah seorang teman yang smartphone Lenovo A526 mengalami permasalahan atau error. Permasalahan tersebut adalah munculnya pesan berhentinya sebuah aplikasi "Unfortunately (your app) has stopped" yang muncul terus menerus tanpa henti, sehingga menyebabkan smartphone tidak bisa digunakan karena munculnya notifikasi tersebut.

Menurut saya, ini harus dilakukan flashing atau install ulang agar smartphone dapat berjalan dengan normal dan bisa digunakan kembali. Sebelumnya beliau berkata bahwa sudah pernah dilakukan wipe data/factory reset tetapi "notifikasi aplikasi telah berhenti" tetap muncul, saya jelaskan kepada beliau bahwa wipe data/factory reset hanya mereset settingan, aplikasi yang terinstall, data-data yang ada diaplikasi saja bukan mengembalikan file-file yang sudah rusak, karena notifikasi berhentinya aplikasi ini bukan hanya 1 atau 2 aplikasi saja.

Saya jelaskan juga kepada beliau, bahwa flashing ini akan menghapus seluruh data-data yang ada di smartphone, termasuk data kontak, data akun yang ada pada aplikasi dan menghapus aplikasi yang terinstal, namanya juga install ulang, hehe :D.

Sebelum melakukan Flashing Lenovo A526, persiapkan dulu bahan-bahannya:
  1. Firmware Lenovo A526
  2. Driver VCOM USB

Setelah semua bahan di download, berikut langkah-langkah Flashing Lenovo A526:
  1. Download semua bahan dan extract.
  2. Install MTK Driver.
  3. Jalankan SPFlash Tool.exe.
  4. Dalam aplikasi Flash Tool, klik Scatter-loading, lalu arahkan kedalam folder Stock ROM Lenovo A526 hasil extract file yang sudah didownload sebelumnya dan pilih file "MT6582_Android_scatter_emmc.txt".
  5. Centang "DA DL All With Check sum" lalu klik download.
  6. Tunggu progress bar yang berwarna PINK selesai.
  7. Matikan smartphone Lenovo a526 dan hubungkan ke PC/Laptop menggunakan kabel data USB. Lalu proses Flashing akan berjalan secara otomatis, dan tunggu hingga proses selesai dengan ditandai dengan munculnya lingkaran hijau pada layar PC/Laptop. Kemudian lepaskan kabel USB dari smartphone dan nyalakan kembali smartphone.

Sudah saya buktikan sendiri, Waktu yang dibutuhkan untuk Flashing Lenovo A526 sekitar 20 menit, namun setiap kali proses flashing membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Dikarenakan teman saya butuh smartphonenya hari itu juga, langsung saya kerjakan dan langsung saya selesaikan, sehingga tidak sempat mengambil Screenshot langkah demi langkah.

Sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Install Ulang atau Flashing Lenovo A526 Menggunakan SP Flash Tool, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi