NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Custom Recovery Android: Pengertian dan manfaat

Mode Recovery atau Recovery Mode merupakan suatu fitur yang yang ada di smartphone Android yang memiliki fungsi untuk menambah, menghapus, atau mengupgrade sistem android.

Sebenarnya, hampir semua merk dan type smartphone Android sudah memiliki stock recovery, atau mode recovery bawaan dari pabrik. Namun, fitur-fitur di stock recovery sangatlah terbatas, dan terkadang sulit untuk menginstall "flashable zip". Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menginstall Custom Recovery (seperti CWM atau TWRP) untuk mengganti stock recovery.

Tujuan utama dibuatnya Custom Recovery adalah untuk memudahkan menginstall "flashable zip, flashable zip adalah file yang berekstensi .zip yang didalamnya terdapat script yang mendukung untuk menginstall sesuatu yang diinstall melalui Recovery Mode ke sistem Android.

Custom Recovery

Untuk menginstall Custom ROM, tentu kita membutuhkan fitur yang dimiliki oleh Custom Recovery yang memudahkan kita untuk menginstall Stock/Custom ROM. Fitur lainnya adalah Nandroid Backup dan Restore, partisi SD Card hingga multiboosting.

Custom Recovery yang sering digunakan

CWM Recovery

CWM (ClockWorkMode) sangat sering digunakan karena compatible dengan kebanyakan Custom ROM yang beredar saat ini, seperti AOKP, CM7, CM9, CM10. CM11, dan lainnya.

Versi CWM yang terdahulu masih menggunakan tombol hardware (Vol UP, Vol Down, Power, Home) untuk navigasinya. Namun untuk beberapa versi terbarunya, CWM sudah menggunakan fitur touch screen.

TWRP Recovery

TWRP (Team Win Recovery Project) memiliki  tampilan yang lebih bagus dari CWM, memiliki fitur touch screen, dan dapat melakukan charging saat Mode Recovery dan beberapa tambahan fitur lain yang berguna.

Saya sendiri menggunakan TWRP dikarenakan smartphone saya tidak mendukung CWM, menggunakan TWRP sangat mudah dikarenakan tampilannya lebih interaktif serta dengan adanya fitur charging saat dalam Recovery Mode, kita dapat menghindari kehabisan daya baterai saat melakukan proses installasi Custom/Stock ROM maupun Backup/Restore.

Namun, pilihan kembali kepada Anda ingin memilih Custom Recovery yang mana, saya sarankan untuk browsing dulu, untuk mencari tahu Custom Recovery mana yang mendukung smartphone Anda.

Sekian tulisan saya kali ini, terima kasih buat pengunjung dan pembaca blog saya. sampai ketemu di post selanjutnya.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi