NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Apa Itu Bootloop?

Mungkin kata ini sudah tidak asing bagi para opreker Android. Namun bagi Anda yang baru menggunakan Amdroid dan masih awam dengan istilah-istilah Android, terutama arti kata bootloop, jangan khawatir, disini saya akan menerangkan arti kata bootloop.

Apa Itu  Bootloop? Bootloop adalah gabungan dari dua suku kata, yaitu boot dan loop. Boot menurut istilah dalam computer atau smartphone adalah menghidupkan perangkat (smartphone atau PC). Sedangkan Loop, berarti berulang. Jadi bootloop dapat diartikan proses boot yang berulang atau reboot dengan sendirinya terjadi secara terus menerus sehingga tidak mampu menyelesaikan proses booting dan tidak dapat mengakses menu Home.

Bootloop merupakan sebuah kegagalan sistem. Disaat menghidupkan perangkat dan masuk pada bootscreen, tiba-tiba sistem restart dengan sendirinya dan sistem kembali keawal lagi sehingga tidak bisa masuk ke menu Home dikarenakan sistem tidak berjalan seperti selayaknya.

Penyebab bootloop beragam, mulai dari beratnya sistem atau cache yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang terinstall atau adanya masalah pada aplikasi tertentu sehingga sistem crash, proses rooting yang tidak sesuai dengan prosedur juga dapat menyebabkan bootloop.

Macam-macam tingkatan bootloop pada Android

Dikarenakan penyebab bootloop yang beragam, maka tingkatan kerusakan bootloop juga beragam. Berikut ini adalah macam-macam tingkatan bootloop serta penyebabnya dan disertai dengan tindakan yang dapat diambil sebagai solusi:

1. Android Light Bootloop atau bootloop ringan, penyebabnya adalah cache yang penuh sehingga sistem Android membutuhkan refresh atau penyegaran. Ini biasanya terjadi ketika kita sedang menggunakan aplikasi atau bermain game dalam awktu yang lama secara terus menerus, menginstall aplikasi tertentu atau terdapat masalah pada aplikasi tersebut sehingga menyebabkan error.

Solusinya cukup mudah, untuk perangkat yang Removable Batrey atau baterainya yang bisa dilepas, cukup dengan mematikan perangkat, cabut baterainya beberapa saat lalu pasang dan hidupkan kembali. Sedangkan untuk perangkat yang Non-Removable Batrey atau yang Removable yang menggunakan cara yang sebelumnya tapi gagal, solusinya adalah dengan melakukan "wipe user data" atau factory reset melalui Android System Recovery.

2. Android Medium Bootloop atau bootloop tingkat menengah, penyebabnya adalah kegagalan sistem akibat kesalahan prosedur rooting, pengguna yang mengotak-atik sistem Android, melakukan kustomisasi tampilan android dan sebagainya sehingga terjadi malfungsi. Medium bootloop tergolong pada tingkat kerusakan menengah dimana pengguna masih bisa melakukan reset melalui Android System Recovery karena masih bisa diakses.

Solusinya adalah dengan melakukan factory reset melalui Android System Recovery. Solusi lainnya adalah dengan melakukan restore dengan menggunakan file recovery melalui custom recovery (TWRP atau CWM) atau melalui bantuan PC yang berbasis windows, jika Anda pernah melakukan backup sebelumnya. Atau juga bisa dengan menggunakan file recovery dari pengguna lain dengan merk dan type perangkat yang sama.

3. Android Hard Bootloop atau bootloop tingkat fatal, biasanya terjadi jika user melakukan aktifitas root dan tweaking yang berlebihan. Seperti merubah atau menghapus file yang dibutuhkan sistem Android dan tidak dapat di recover atau dipulihkan lagi.

Solusi untuk masalah ini cukup rumit dan membingungkan dikarenakan kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang fatal. Kerusakan seperti ini mengharuskan untuk menginstall ulang sistem Android, dan sebelumnya kita harus mengetahui detail perangkat yang diinstall ulang, dikarenakan proses yang ditempuh berbeda untuk ssetiap merk dan type perangkat. Untuk mengatasi kerusakan seperti ini disarankan untuk menghubungi ahli service atau dengan mempelajari terlebih dahulu proses flashing jika ingin memperbaiki sendiri.

Setelah mengetahui Apa Itu Bootloop, penyebab, dan cara mengatasinya. Setidaknya kita tidak panik saat menemui masalah seperti ini. Dan jika merasa tidak yakin untuk perbaikan sendiri yang melibatkan prosedur teknis, maka sebaiknya gunakan perangkat Android secara normal dan wajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekian artikel tentang Apa Itu Bootloop?, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang Android. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi