NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Aplikasi yang Merugikan Bagi Smartphone Android

Dengan adanya playstore tentunya para pengguna Android sangat dimanja, dimana diplaystore ini ada banyak sekali berbagai macam aplikasi untuk keperluan sehari-hari, mulai dari keperluan perkantoran, ibu rumah tangga, sampai keperluan anak-anak untuk belajar dan bermain.

Menurut prosesnya, aplikasi di Android dibagi menjadi 2, yaitu foreground dan background. Aplikasi foreground adalah aplikasi yang berjalan ketika kita menjalankan atau memainkannya. Sedangkan aplikasi background adalah aplikasi yang berjalan bersama sistem atau aplikasi yang terus berjalan meskipun kita tidak menjalankan aplikasi tersebut, dimulai ketika kita menyalakan smartphone Android.

Namun tahukah Anda, dari sekian aplikasi yang tersedia, ada beberapa macam aplikasi yang menurut saya merugikan untuk smartphone Android. Aplikasi ini biasanya adalah aplikasi yang berjalan pada background, sehingga menambah penggunaan RAM dan terkadang membuat smartphone menjadi lambat. Aplikasi tersebut diantaranya adalah:

Aplikasi bawaan smartphone Android

Aplikasi bawaan pabrik atau bloatware ada banyak dan tidak semuanya akan kita gunakan, Tentu hal ini sangat merugikan karena aplikasi tersebut terpasang dan tidak terpakai, disarankan untuk dihapus saja.

Aplikasi cuaca

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi bloatware. Aplikasi ini akan selalu mengambil data dari internet untuk update cuaca terkini. Dan cukup menghabiskan memori smartphone Android. Belum lagi jika meminta kita untuk mengunduh beberapa fitur lainnya yang akan semakin menyesakkan memori dan kuota internet. Solusinya adalah mencopot aplikasi cuaca ini dan menggantinya dengan aplikasi Google Now, karena aplikasi cuaca tidak selalu dipakai. Dengan menggunakan Google Now kita bisa menanyakan kondisi cuaca sekarang di tempat kita dan tempat tujuan kita jika kita ingin pergi ke suatu tempat.

Aplikasi pembersih dan peningkat performa

Aplikasi ini sebenarnya cukup merugikan bagi pengguna smartphone Android. Memang benar aplikasi ini membersihkan kotoran atau sampah di perangkat Android, seperti cache aplikasi. Walaupun membersihkan sampah, tetapi aplikasi pembersih itu sendiri juga meninggalkan sampah setelah membersihkan. Aplikasi ini juga meninggalkan cache. Begitu juga dengan aplikasi peningkat performa atau aplikasi boosting, benar mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Namun saat aplikasi boosting ditutup, maka aplikasi-aplikasi yang tadinya dimatikan akan aktif kembali, dan RAM akan kembali banyak terpakai lagi. Belum lagi kalau terlalu sering menggunakan aplikasi pembersih dan peningkat performa akan membuat perangkat cepat rusak. Solusinya adalah dengan melakukannya secara manual, taitu dengan masuk ke menu settings > kelola aplikasi > pilih aplikasi > lalu akan muncul rincian. Disana tekan tombol " Bersihkan Cache" atau " Clear Cache", kita tinggal pilih aplikasi mana saja yang jarang sekali kita gunakan untuk dihapus cachenya, untuk meningkatkan performa RAM.

Aplikasi sosial media dan shopping

Aplikasi sosial media dan shopping itu menggunakan RAM yang cukup besar. Selain itu juga membutuhkan koneksi internet secara terus menerus untuk kabar terbaru atau promo terbaru. Hal ini membuat baterai jadi boros dan membuat perangkat menjadi hangat meskipun kita tidak melakukan aktifitas apapun

Aplikasi Antivirus

Aplikasi ini memang betul melindungi smartphone Android dari serangan virus, malware, ataupun hacker. Tapi tahukan anda, bahwa 99% Android aman dari serangan, asalkan sumber aplikasi  yang didownload berasal dari toko resmi Google Play, bukan dari web forum atau toko aplikasi selain dari Google.

Sekarang kita sudah tahu aplikasi-aplikasi mana saja yang membuat baterai jadi boros, yang membuat penggunaan RAM tinggi. Sekarang sebaiknya kita hapus aplikasi-aplikasi yang saya jabarkan diatas, dan rasakan bedanya. Dan selalu download aplikasi dari sumber yang dipercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan downloadlah aplikasi secara bijak. Sekian info dari saya. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi