NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Mengenal Nomor IMEI

Setiap perangkat elektronik pasti mempunyai nomor seri, pada perangkat handphone nomor seri lebih dikenal dengan sebutan nomor IMEI, termasuk perangkat Android, BB, Iphone, winphone, symbian, dan yang lainnya.

Sederetan kode khusus yang unik terdiri dari 14 digit angka yang pasti dimiliki oleh sebuah handphone dan berbeda satu dengan yang lainnya, maksudnya tidak ada dua handphone yang memiliki IMEI yang sama. Kode unik ini dikenal dengan sebutan IMEI (International Mobile Equipment Identity).

IMEI biasanya terdiri dari 14 digit desimal dan IMEISV 2 digit desimal (menjadi 16 digit). IMEI membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dsb. Anda  bisa cek nomor IMEI ponsel Anda dengan menekan *#06#, nomor IMEI biasanya juga tercetak dibagian belakang ponsel yang tertutup baterai. Nomor IMEI yang ditampilkan oleh kombinasi angka dengan yang tertera pada bagian ponsel haruslah sama.

Tujuan utama dibuatnya IMEI adalah untuk mempermudah dalam mengidentifikasi ponsel. Selain itu, IMEI juga dapat digunakan untuk memblok akses jaringan seluler ponsel tersebut. Dengan demikian, jika ada yang mencuri ponsel Anda, maka Anda dapat meminta kepada provider untuk memblok ponsel tersebut dengan cara mengirimkan kodenya. Pihak kepolisisan juga biasanya menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi kasus pencurian ponsel.

Sejak tahun 2004, sebuah kode pada IMEI memiliki format seperti AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B dikenal sebagai type allocation code (TAC) yang menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Sebagai contoh, ponsel iPhone 5 yang dikeluarkan oleh Apple akan memiliki TAC 01-332700 sementara ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704. Bagian kode format C merupakan serial number yang diberikan oleh perusahaan pembuat ponsel tersebut. Sedangkat digit yang terakhir merupakan sebuahchecksumyang digunakan untuk memverifikasi IMEI tersebut. Untuk ponsel jenis baru format penulisan IMEInya seperti berikut AA-BBBBBB-cccccc-EE atau juga bisa ditulis dengan format AA-BBBBBB-CCCCCCD or EE.

Setiap kode akan terkunci dan tetap melekat pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika Anda melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah.

Sekian artikel tentang Mengenal Nomor IMEI kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi