NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Tips Nge-Charge atau Mengisi Daya Baterai Untuk Membuat Umur Baterai Lebih Panjang

Baterai adalah salah satu komponen utama pada smartphone. Tanpa baterai, tentu smartphone tidak bisa menyala, karena dari baterailah smartphone mendapatkan daya.

Tapi pernahkan Anda mengalami hal yang pernah saya alami ini, yaitu baterai drop, maksudnya smartphone tiba-tiba mati sendiri, padahal saat itu kapasitas baterai masih sekitar 60% dan parahnya lagi, baterai tersebut baru saya beli 4 bulanan. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Akhirnya saya coba untuk browsing tentang masalah yang saya alami tersebut. Ternyata penyebabnya sepele dan mungkin saya tidak menyadarinya, yaitu saya sering menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya baterai.
Tips Nge-Charge atau Mengisi Daya Baterai Untuk Membuat Umur Baterai Lebih Panjang

Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi tips tentang Nge-Charge atau Mengisi Daya Baterai Untuk Membuat Umur Baterai Lebih Panjang. Mari kita simak tips berikut:

Jangan mengisi baterai saat berada pada posisi 50% - 40%

Karena pada posisi ini kondisi baterai sangat stabil, tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kosong.

Jangan mengisi baterai sekali isi langsung diisi sampai penuh

Akan lebih baik jika mengisi baterai 2-3x secara bertahap sampai penuh. Misal: dari 30% sampai 70%, dari 60% sampai 100%.

Hindari pemakaian smartphone saat sedang mengisi baterai

Hal ini perlu dihindari karena dapat menyebabkan panas pada baterai dan smartphone, dengan adanya panas tersebut, dapat memperpendek umur baterai itu sendiri. Oleh karena itu, pemakaian smartphone saat sedang menyambung dengan pengisi daya tidak disarankan.

Cabut pengisi daya saat smartphone terasa panas

Meskipun tidak dipakai saat tersambung dengan pengisi daya, biasanya smartphone juga akan terasa panas. Lebih baik untuk mencabut pengisi daya sebentar. dan hubungkan kembali saat suhu/kondisi smartphone mulai normal kembali.

Hindari kondisi baterai benar-benar kosong

Sebisa mungkin untuk menghindari kondisi ini, karena jika sering membiarkan baterai dalam kondisi kosong, maka secara perlahan ketahanan baterai akan berkurang.

Jangan mengisi baterai semalaman atau menghubungkan pengisi daya meskipun baterai sudah penuh dalam waktu yang lama.

Hal ini mungkin dianggap sepele untuk sebagian orang. Biasanya hal ini dianggap lebih praktis karena keesokan paginya kita bisa memakai smartphone dalam kondisi daya baterai penuh. Hal ini sangat tidak disarankan, karena mengisi daya baterai yang penuh secara terus menerus juga dapat membuat ketahanan baterai akan menurun.

Hal terakhir yang perlu diingat adalah bahwa baterai tidak hidup selamanya. Meskipun sudah menggunakan berbagai macam tips untuk memperpanjang umur baterai, faktanya adalah setiap tahun ketahanan baterai juga akan menurun. Karena setiap baterai smartphone punya umur. Oleh karena itu, bersedialah untuk membeli baterai baru untuk smartphone Anda, Tips diatas adalah Tips Nge-Charge atau Mengisi Daya Baterai Untuk Membuat Umur Baterai Lebih Panjang, bukan untuk membuat baterai hidup selamanya.

Sekian dulu dari saya, semoga tulisan saya kali ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi