NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Cara Wipe Data atau Factory Reset Karena Lupa Kunci Pola Atau Karena Lupa Kombinasi PIN Pada Evercoss A5A

Kemarin kebetulan ada seorang pelanggan, beliau membawa smartphone Evercoss A5A yang terkunci karena lupa kombinasi PIN untuk membukanya. Saya katakan bahwa smartphonenya perlu dilakukan Wipe Data/Factory Reset agar settingan kombinasi PIN itu hilang dan smartphonenya bisa digunakan seperti biasa kembali. Tetapi sebelumnya saya katakan kalau Wipe Data/Factory Reset akan menghapus seluruh data pada smartphonenya. Dan beliau pun mengiyakan untuk dilakukan Factory Reset, maka saya lanjutkan.

Saya coba untuk masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Vol Up + Power (dalam kondisi mati),  yg ada smartphone tersebut malah booting secara normal. Lalu saya matikan kembali, berikutnya saya coba dengan cara menekan tombol Vol Down + Power, smartphone tersebut malah masuk ke Fastboot Mode. Dikarenakan kedua cara tersebut tidak berhasil membawa saya masuk ke recovery mode, saya coba browsing, dan akhirnya saya menemukan solusinya. Solusinya cukup simple, Anda hanya membutuhkan:
  • PC/Laptop beserta kabel datanya.
  • Download software Android Multi Tool, jangan khawatir, ukuran file sangat kecil sekitar 330KB.

Langkah-langkah untuk Wipe Data/Factory Reset Evercoss A5A:
  1. Download dan Extract Android Multi Tool.
  2. Buka aplikasi Android Multi Tool.
  3. Matikan Smartphone Anda. Dalam keadaan mati, tekan tombol Vol Down bersamaan dengan tombol Power, maka Anda akan masuk ke Fastboot Mode.
  4. Hubungkan Smartphone Anda dengan PC/Laptop menggunakan kabel data.
  5. Setelah terhubung, kembali ke PC. Pada Android Multi Tool, tekan angka 1 untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung apa belum.
  6. Jika belum terdeteksi, tekan huruf D pada keyboard lalu Enter untuk "Download Driver". Setelah didownload install driver seperti biasa.
  7. Lalu tekan angka 7 untuk mengecek apakah smartphone kita yang dalam keadaan Fastboot Mode sudah terhubung apa belum.
  8. Jika sudah, tekan angka 8 untuk Wipe Data/Cache On Fasboot Mode.
  9. Lalu Smartphone Anda akan restart, tunggu kira-kira 5 menit sampai smartphone menyala. Dan Smartphone Anda bisa digunakan kembali seperti biasa tanpa terkunci.

Sekian dulu tutorial dari saya tentang Cara Wipe Data atau Factory Reset Karena Lupa Kunci Pola Atau Karena Lupa Kombinasi PIN Pada Evercoss A5A. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi pembaca blog ini. Terima kasih.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi