NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Penyebab Baterai Android Cepat Rusak atau Drop

Suatu hari ada seorang Saudara yang bertanya tentang baterai smartphone miliknya yang seringkali cepat habis atau drop, padahal baterai tersebut baru dibelinya sekitar satu bulan yang lalu. Beliau heran kenapa umur baterai tersebut begitu singkat. Sebenarnya apa penyebab baterai Android cepat rusak atau drop?

Saya jelaskan kepada Beliau apa-apa saja faktor penyebab baterai smartphone Android cepat rusak atau drop. Menurut saya ada 3 faktor penyebab baterai smartphone Android cepat rusak atau boros, yaitu:

1.Faktor Baterai.
  • Usia pemakaian baterai yang sudah cukup lama. Misal, baterai sudah berumur 2-3 tahun pemakaian atau lebih, sehingga memang patut diganti dikarenakan masa penggunaan baterai yang cukup lama.
  • Penggunaan baterai yang tidak Genuine atau yang tidak asli. Baterai Ori dengan baterai yang tidak asli tentu keduanya mempunyai kinerja dan performa yang berbeda.
  • Terjadi kerusakan fisik pada baterai yang menyebabkan baterai retak, bocor, cuil atau gepeng yang menyebabkan kinerja baterai menurun.
  • Kesalahan konstruksi baterai , artinya baterai tersebut sudah tidak sempurna atau cacat saat pembuatannya. Mungkin terjadi kekeliruan dalam pengepakan, transportasi, dan entah darimana sebabnya.  Oleh karena itu, meskipun baru tetapi kinerjanya tidak maksimal. Namun, hal ini sangat jarang terjadi karena setiap produsen sudah menerapkan Quality Control terhadap produk-produknya. Seandainya jika hal ini terjadi, biasanya ada baterai pengganti sebagai garansi perusahaan. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

2. Faktor Human/Pemakai
  • Tempo melakukan pengisian daya yang kurang benar. Seperti, waktu pengecasan yang kurang dari waktu yang semestinya dan waktu pengecasan yang melebihi batas yang disarankan.
  • Melakukan pengisian daya tidak pada saat yang tepat. Lebih baik hindari melakukan pengisian daya saat baterai dalam keadaan 0%, jika sudah menginjak 10% lebih baik matikan smartphone sehingga baterai tidak benar-benar kosong. Dan yang tidak kalah pentingnya, jangan mengisi daya baterai smartphone saat indikator baterai masih penuh, atau masih separuh penuh, tunggu hingga daya baterai tinggal 30% atau 20%.
  • Cara pengisian daya yang kurang benar. Seperti tidak menggunakan charger yang semestinya, charger yang digunakan sudah rusak/korslet.
3. Faktor Smartphone
  • Settingan smartphone yang membuat baterai boros. Seperti settingan Nada dering dan speaker yang terlalu keras, lupa mematikan bluetooth atau Wifi.
  • Penggunaan smartphone yang membuat baterai boros. Seperti multitasking atau menjalankan 2 aplikasi atau lebih secara bersamaan dalam waktu yang cukup lama.
  • Terjadi kerusakan pada bagian smartphone sehingga menyebabkan baterai boros. Seperti kerusakan pada bagian charger connector karena adanya kotoran, karat atau sebab yang lainnya sehingga menyebabkan pengisian daya yang tidak sempurna.

Setelah mendengarkan penjelasan saya, saudara saya mengerti, mungkin bukan karena faktor baterainya, mungkin karena faktor penggunanya, atau mungkin juga karena faktor smartphonenya. Oleh karena itu pembaca sekalian, Sebaiknya kita kenali dulu faktor-faktor penyebab baterai Android cepat rusak atau drop, sehingga kita tidak buru-buru memutuskan bahwa yang salah adalah baterainya.

Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga tulisan saya ini bermanfaat walaupun sedikit bagi pengunjung maupun pembaca blog ini. Terima kasih.

1 comments:

Add New Comments

makasih sudah share
https://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-858-digital/

Congrats bro LOVELYZ TRILOGY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Delete Reply
avatar
Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi