NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Ciri-Ciri EMMC Smartphone Android Rusak

Jika sudah membahas soal EMMC smartphone Android yang rusak, hal ini akan berhubungan dengan masalah saat proses flashing sebuah smartphone. Seperti yang kita ketahui, smartphone Android yang mengalami error dan tidak bisa diatasi dengan cara hard reset atau reset pabrik, maka satu-satunya jalan keluar adalah dengan melakukan install ulang atau flashing smartphone Android tersebut. Namun, ada kalanya proses install ulang atau flashing tidak berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman dari beberapa kali menginstall ulang atau flashing smartphone dan hasilnya gagal, saya memberikan kesimpulan bahwa telah terjadi kerusakan pada EMMC smartphone Android tersebut.

Adapun ciri-ciri smartphone Android yang mengalami kerusakan EMMC saat dilakukan proses install ulang atau flashing:

Oppo find muse r821

Pada Oppo find muse r821 ini awalnya muncul notifikasi "Unfortunattely Your App Has Stopped". Saya coba flash menggunakan SPFlash Tool, namun tidak ada driver yang cocok sehingga proses flashing gagal sebelum dimulai.

Lalu saya coba flash menggunakan Recovery Mode yang sebelumnya sudah saya siapkan file yang dibutuhkan dalam memory external, dan proses pun berjalan. Namun setelah selesai, smartphone tidak restart sendiri, melainkan hanya layar hitam saja, setelah saya tunggu beberapa lama sekitar 15 menit namun layarnya masih tetap hitam, ahirnya saya lepas baterainya dan saya coba hidupkan kembali namun tetap saja notifikasi "Unfortunattely Your App Has Stopped" tetap saja muncul.

Setelah saya cari tahu tentang masalah ini, maka saya simpulkan bahwa smartphone oppo fine muse r821 ini mengalami kerusakan oada EMMC-nya atau lebih tepatnya "EMMC error write".

Samsung S5 Replika 5 Inch SM-G9006V

Kasusnya adalah smartphone ini mengalami bootloop, sebelum saya lakukan flashing, terlebih dahulu saya lakukan metode Hard Reset dengan masuk terlebih dahulu kedalam Recovery Mode dengan menekan kombinasi tombol volume down + tombol power, proses Hard Reset berjalan lancar. Namun setelah Reboot, saya tunggu sampai lebih dari 20 menit tetap stuck di logo Samsung.

Lalu saya coba saya flash menggunakan SPFlash Tool dikarenakan ini smartphone samsung replika yang menggunakan prosessor MTK, kendalanya sama seperti smartphone diatas, yaitu tidak terdeteknya driver samsung S5 Replika ini ke PC. Saya coba flashing menggunakan metode upgrade juga tidak berhasil, bahkan untuk samsung S5 replika ini proses flashing sama sekali tidak jalan dalam metode upgrade. Jadi saya simpulkan bahwa smartphone samsung S5 replika ini mengalami kerusakan EMMC.

dari 2 contoh diatas. Maka saya simpulkan efek dari rusaknya EMMC smartphone Android
  1. Proses flash sukses. Namun tidak sesuai dengan hasilnya.
  2. Proses flash selalu gagal dan muncul pesan error tertentu walaupun sudah diformat sebelumnya.
  3. Proses Hard reset berhasil, namun berbeda dengan hasilnya (sama seperti keadaan sebelumnya.
  4. EMMC sama sekali tidak terdeteksi.

kesimpulan diatas merupakan sekedar kesimpulan dari beberapa pengalaman saya. Mungkin saja ada beberapa kesimpulan yang saya buat salah. Saya minta maaf. Dan jika pembaca mempunyai pendapat yang berbeda, mari kita diskusikan pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Sekian tulisan saya kali ini. Terima kasih.


1 comments:

Add New Comments
Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi