NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Mengenal Sistem Operasi Tizen

Mengenal Sistem Operasi Tizen - Jika berbicara mengenai Sistem Operasi Smartphone pasti yang pertama kali terlintas adalah Android. Dikarenakan Sistem Operasi Android saat ini telah mendominasi sebagian besar smartphone di dunia. Setelah itu baru diikuti dengan Windows Phone, Ios, dan Blackberry.

Baru-baru ini ada sistem operasi Tizen yang menjadi perbincangan, walaupun sebenarnya sistem operasi ini sudah mulai dipublikasikan sejak tahun 2014. Meskipun sudah dirilis tahun 2014, sistem operasi ini tidak ada yang melirik, hanya Samsung yang akhirnya memakainya di salah satu produk smartphone-nya.

Mengenal Sistem Operasi Tizen

Sama seperti OS Andorid, Tizen OS juga merupakan sistem operasi yang berbasis Linux yang bersifat Open Source, yang artinya pengguna OS tersebut dapat mengubah sistem sesuai dengan kebutuhan agar mendapatkan kinerja yang maksimal.

Berikut Keunggulan dan Kekurangan OS Tizen:

Keunggulan :
  1. Sudah mengusung Browser HTML5 yang merupakan platform untuk desktop/komputer. Jadi, dengan fitur ini di OS Tizen kita bisa membuka website berbasis dekstop dengan mudah dan mirip sekali dengan tampilan dari komputer.
  2. Dirancang dapat menjalankan semua aplikasi yang diusung oleh Android OS yang memang sudah dikenal oleh semua kalangan.
  3. Kelebihan yang paling menarik adalah dapat diaplikasikan pada perangkat elektronik atau gadget yang lainnya seperti Smart Watch (Jam tangan pintar), Smart TV, dan lain sebagainua.
  4. Didukung langsung oleh vendor Samsung Mobile yang berpotensi dapat berkembang dengan pesat.
  5. Mendukung fitur lain dari Web seperti PHP, CSS, My SQL, JavaScript, C dan C++, Native dan lain sebagainya.

Kekurangan :
  1. OS Tizen ini masih menjadi pilihan kedua dari Samsung, karena mungkin masih dalam tahap pengenalan dan juga Samsung masih memprioritaskan OS Android untuk menjalankan semua produknya.
  2. Belum dikenal luas, karena masih dipakai dibeberapa produk Samsung saja.
  3. Isi, fitur, dan konsep masih tergolong sama seperti Android.

Demikian sedikit pembahasan tentang OS Tizen beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan informasi tentang OS Tizen yang saya sampaikan dapat menjadi refrensi bagi Anda yang akan membeli perangkat smartphone yang memiliki Sistem Operasi Tizen didalamnya.


Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi