NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Apa Itu Root Serta Keuntungan dan Kekurangannya

Root adalah suatu account sistem yang mempunyai kekuasan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, sistem, dalam sebuah sistem operasi berbasis linux (termasuk Android). Dengan kata lain, root ini mempunyai hak akses tanpa batas yang bisa menambah, mengubah, bahkan menghapus dalam sistem operasi linux (termasuk Android).

Fungsi root sendiri adalah untuk memberi hak akses kepada pengguna untuk mengakses sistem Android. Sehingga pengguna dapat menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file yang terdapat pada sistem.

Namun, jika Anda ingin melakukan Rooting pada Android Anda, alangkah baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Rooting Android itu sendiri, agar tidak menyesal nantinya. Baiklah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan root Android:

Kelebihan root di Android

Full kustomisasi

Dengan mendapatkan akses penuh ke sistem Android, maka pengguna dapat dengan mudah melakukan kustomisasi pada perangkatnya, seperti merubah tampilan launcher, merubah jenis font, bahkan pengguna bisa menggunakan firmware smartphone yang lain (Custom ROM).

Menginstall dan menyimpan data aplikasi di Memory Eksternal

Dikarenakan banyak perangkat Android yang memiliki kapasitas memori internal yang terbatas, dengan melakukan root kita bisa menyiasatinya dengan memindah aplikasi beserta dengan datanya kedalam memory eksternal.

Meningkatkan performa

Karena sudah mendapatkan hak akses ke sistem, secara otomatis pengguna memiliki kendali penuh terhadap smartphonenya, pengguna bisa memilih bagian mana yang perlu ditingkatkan performanya, seperti RAM atau GPU.

Bersih dari iklan

Dengan menginstall aplikasi pemblokir iklan, pengguna bisa bebas dari banyaknya iklan yang berkeliaran. Tentunya aplikasi ini membutuhkan akses root terlebih dahulu.

Selain memiliki kelebihan, Root Android juga memiliki kekurangan.

Kekurangan Android

Perangkat tidak normal

Jika sering mengkonfigurasi hardware Android secara manual memang bisa meningkatkan kinerja dari Android. Namun jika salah dalam mengkonfigurasinya, maka Android akan sering mengalami gangguan. Misalnya, smartphone sering reboot sendiri, sering "hang" saat menjalankan aplikasi tertentu, kinerja hardware memburuk, kemungkinan terburuknya bisa terjadi bootloop, atau bahkan mati total.

Smartphone sering panas

Jika Anda membuat smartphone Anda memacu seluruh kemampuan hardwarenya, maka akan membuat smartphone cepat panas serta membuat penggunaan baterai jadi lebih boros.

Beberapa hal yang perlu dicermati saat akan melakukan root perangkat Android Anda adalah carilah beberapa sumber, cari sumber yang sesuai dengan type dan merk smartphone Anda, lihat pada kolom komentarnya, apakah tutorial yang disajikan memang benar work apa tidak. Dan berhati-hati dalam mengikuti langkah demi langkah sesuai dengan tutorial.

Sebenarnya melakukan rooting pada smartphone Android tidak memiliki efek negatif yang besar selama kita berhati-hati dalam memodifikasi apapun, maka rooting smartphone Android akan memberikan keuntungan yang lebih daripada kerugiannya. Dan disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum memodifikasi, hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam proses modifikasi. Sehingga kita hanya perlu me-restore backup tersebut jika terjadi kesalahan.

Saya rasa cukup sampai disini tulisan saya tentang Apa Itu Root Serta Keuntungan dan Kekurangannya. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan membagikan artikel ini ke teman-teman Anda.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi