NOTE

Belajar dan praktekkan, sampai kamu benar-benar lupa cara untuk gagal.

Android Mulai Lambat?

Android Mulai Lambat? Hal ini menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pengguna smartphone Android. Hal ini muncul karena semakin lama usia smartphone Android yang kita pakai.

Dikarenakan semakin lama usia smartphone,  kita tidak menyadari sudah menginstall banyak aplikasi sehingga memori/RAM penuh, sudah browsing sekian lama tetapi file-file sampah pada browser tidak dibersihkan sehingga membuat memori penuh dan masih banyak hal yang lainnya yang membuat smartphone menjadi lambat/lemot.

Untuk mengatasi smartphone Android yang mulai lambat, berikut cara mengatasinya:

Jangan menggunakan Live Wallpaper

Hal ini perlu dihindari karena Live Wallpaper membuat GPU terus bekerja untuk merender grafik bergerak. Hal ini akan membuat baterai cepat habis atau boros dan akan memperlambat kinerja sistem android.

Hapus aplikasi yang tidak penting

Dengan banyaknya aplikasi gratis yang ada di playstore, tentunya anda akan mencoba berbagai macam aplikasi yang anda inginkan. Semakin banyak aplikasi maka akan semakin lambat kinerja Android, dikarenakan aplikasi yang terinstall akan memakan kapasitas memori baik itu internal atau eksternal maupun RAM.

Kurangi penggunaan widget

Memang dengan menggunakan widget pada HomeScreen kita bisa melihat informasi secara RealTime atau informasi yang ter-update pada aplikasi tertentu. Namun jika terlalu banyak widget, tentu saja akan memakan penggunaan RAM pada smartphone, sehingga tidak ada ruang untuk aplikasi yang lain.

Tutup aplikasi yang berjalan pada background

Dengan menekan tombol Home saja sebenarnya tidak menutup aplikasi yang baru kita jalankan, ada beberapa aplikasi yang berjalan pada background, fitur ini disebut multi-tasking. Jika semakin banyak aplikasi yang dibuka, otomatis akan memakan penggunaan RAM, solusinya adalah menutup aplikasi yang berjalan pada background atau anda bisa menggunakan Task Killer

Matikan auto-update apps di playstore

Fitur ini memang baik agar aplikasi pada smartphone kita selalu ter-update. namun akan sangat mengganggu ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu tetapi smartphone kita tiba-tiba mendownload dan menginstall aplikasi.

Mereset ulang sistem android/factory reset

Jika cara-cara diatas dirasa masih belum cukup untuk mengembalikan performa android anda gunakan cara terakhir ini, Factory Reset. Factory Reset atau reset pabrik, dengan reset pabrik maka akan mengembalikan smartphone anda seperti semula.

Android Mulai Lambat? Cara-cara diatas patut dicoba untuk mengembalikan performa atau kinerja smartphone Android Anda.

Previous
Next Post »

© 2015 Achmad Blog Powered by Blogger.
Hak Cipta Dilindungi